Pengertian Branding - Apa Itu Branding? Unsur Branding, Tujuan Branding, Jenis Branding, dan Fungsinya Branding Dalam Bisnis

Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, kata brand berarti merek, sedangkan pengertian Branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek. (dikutip dari https://www.maxmanroe.com/pengertian-branding.html)

Pengertian Branding inilah yang membuat kita jadi ingat akan kata iklan atau periklanan. Yap betul banget, iklan atau periklanan yang disebut dalam bahasa Inggris sebagai advertise atau advertising adalah sesuatu yang berhubungan erat dengan 'branding'.

bagaimana kata Branding menurut para ahli , kita lihat dalam pengertian branding menurut para ahli seperti tertulis di bawah ini :

1. Kotler (2009)
Menurut Kotler, pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.
2. Landa (2006)
Menurut Landa, pengertian branding adalah bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.
3. Wikipedia
menurut Wikipedia Indonesia, pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.
Setelah kita belajar pengertian branding, mari kita lihat juga yang menjadi unsur-unsur branding dari sebuah produk, sebuah company profile dan lainnya. 
Unsur-unsur branding diantaranya adalah :
  • Nama merek
  • Logo (logo type, monogram, bendera)
  • Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain)
  • Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal)
  • Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada)
  • Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)
Kegiatan dari branding ada beberapa jenis, jenis - jenis branding diantaranya adalah:
  1. Product Branding: bertujuan untuk mendorong konsumen agar lebih memilih produk yang dibranding ketimbang produk pesaing.
  2. Personal Branding: personal branding adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mengangkat nama seorang publik figur, misalnya politisi, musisi, selebriti, dan lain-lain. Dengan begitu publik figur tersebut mendapat citra yang baik di mata masyarakat.
  3. Corporate Branding: tujuan corporate branding adalah untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.
  4. Geographic Branding: bertujuan untuk memunculkan gambaran dari sebuah produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan oleh seseorang.
  5. Cultural Branding: bertujuan untuk mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan.
Fungsi - fungsi dari branding ada beberapa, Setidaknya ada 4 fungsi dari branding, diantaranya adalah:
  1. Sebagai Pembeda: produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain
  2. Promosi dan Daya Tarik: produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan
  3. Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise: fungsi branding adalah untuk membentuk citra sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.
  4. Pengendali Pasar: brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand tersebut.
Nah itulah pengertian dari branding, begitupula penulis artikel mencantumkan unsur-unsur dari branding, jenis-jenis branding dan fungsi-fungsi branding. Mari kita lihat di artikel yang lain berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Harga Pasang Iklan Tahun 2019

7 Cara Branding Produk Agar Menarik Pembeli

Pasang iklan Neon Box di Motor